Selasa, 14 Desember 2010

PANTUN BEJALAN

Mendere bunyi daun cemaghe
Nangkan aban nampak kan diri
Nyawe di badan memang dibawe
Namun sayang banyak dik bereti
Bukan parak pandan nggak kunyit
Batangnye bughuk pucuk mandian
Bukan galak badan melengit
Takut kah ngaruk dusun laman
Batang puae luluk lengkuas
Daunye libae ndik ngibat nasi
Bejalan jauh lah luas-luas
Mangke dikde di laman lagi
Tetanam tumbuh di utan
Amuk mbak ini sukae ncakaenye
Sukat baik njauhi badan
Bejalan jauh mbawe ghase
Kalu puae lah njadi ghaye
Kawe mati pule li bayang pauh
Nanti tedengae sesiae ghimbe
Itu lah tandenye akulah jauh
Kunyit tumbuh di padang lalang
Lalang di bawah batang beghingin
Kalu ku lengit biarlah hilang
Kalu teghingat pesan nggak angin
Tuape bedetar cukahlah subuk
Buah ghebis ditimpe jeghing
Tekaparlah aku di sunyi teluk
Menangis pun aku sape kah nyeding
Ke jalan arah lengkuas ghaye
Mayang di tetak due tebagi
Bejalan asenye lah puas gale
Sayang ndak balik dik pacak lagi
Kayu pandak empat pesegi
Pasangkan paku mangke teguh
Kalu ndak balik dik pacak lagi
Tulus kalah ku bejalan saye jauh
Dalam ghimbe terang benderang
Luluk kan ade ye nyianginye
Malang melintang hidup sughang
Biaralah tangis kandik kembangnye
Oleh: ismailmnaim | 8 Maret 2009

PANTUN INGATAN

PANTUN INGATAN
Jakarta, 02 September 2005
By : Ism
Pandan ghaye penuh di bake
Jalin dijemou di kemughu
Badan sare lagu dik pake
Tuhan ndak nulung kalu dik tau
Kayu aghe tinggi badahnye
Burung seranti patah tinggungan
Badan beduse laman mekue
Tuape di tanti lain tanggungan
Alihkah memate di lunggu’an
Dialihkah ke dalam ambinan bake
Ngalih mate ngalih rupu’an
Ngalih pule junjungan nyawe
Bahan cite di bawah ui
Kalu begune buat celane
Badan berete dunie sini
Amu kele entah kemane
Mbuat sumpit buluh batannye
Ikan ye kene payulah sintak
Jangan sempit hati li rete
Belum tentu ye sare kah mintak
Paye-paye aik lah nyenak
Ayik nye ulak penuh li ikan
Kaye li rete derite banyak
Kaye ye benae li dusun laman
Kalu ade jemoulah kasur
Di tengah aghi di pucuk ghumbai
Amu dunie jangan diukur
Beumput nyawe dikde kah sampai
Akae nangke meghesat-ghesat
Akae nyelimpat di tunggangnye
Ncakae rete dikde kah sesat
Sesat li care kite ncakaenye
Ambin bake bilah ditangan
Tepikkah saje di tengah laman
Miskin rete gilah hai badan
Asak jangan miskin pikiran
Ui nggak bemban begelindan
Batang mbaghangan layu sebelah
Mati badan pegilah badan
Mati iman jauhkah tulah
Bunge kederat batang di utan
Diambik bunge ye warne putih
Sesat melarat di dalam rupu’an
Tinggal dunie dikde ditulih
Kuini lebat di ujung ghangkah
Jangan sampai menimpe pandan
Di sini cumah badah ku singgah
Badah ngguk nian menanti badan
Kuini ghungkat badah bebindik
Ghungkat di timpe batang deghian
Di sini cuman badah beghusik
Ingatkan aku di peghusi’an
Batang besak penuh li ghangkah
Gahnting setangkai lah lemepai
Lemak-lemak di badah singgah
Masih lemaklah kalu lah sampai
Ude kite nanam gendule
Kah pacak jangan merusak padi
Mude dikde tue lah dikde
Kendak Ye Kuase pastil tejadi
Kalu payah badan besesah
Bawe ke ayik ilie nanjungan
Amu salah badan melangkah
Susah lah badan sepanjangan
Geminte keghe di pucuk dahan
Kalu lah lapae makani lepang
Derite dunie banyak empa’an
Amu di sane tanggungan sughang
Di muare jauh jale ku tebar
Datang keudang kene tesambar
Sare dunie pacak beendar
Amu di sane saling mbelasar
Kalu di laman ade titiran
Ambik pulut cukahi mikat
Amu badan pintar pikiran
Badan besiap sebelum namat
Basah tegahse di tulung buntu
Mbuat ghumah jangan tembaikah
Ye Maha Kuase tolonglah aku
Mintak di sane jangan tinggalkah
Oleh: ismailmnaim | 8 Maret 2009

MADAH RINDU

MADAH RINDU : by Ism
Angin pagi menggapai masa
Seolah bisik ingin berlalu
Ingin hati tak terluang hampa
Penuh kan madah membawa sendu
Sepinya jambu bernama jalan
Ku gapai asa di rentang lara
Harap nan rindu di simpan bulan
Ku gapai mesra di dalam bara
Meringit dara dalam gelisah
Nak nanti pagi kalau kan nyapa
Dikit rasa memendam arah
Dirujuk kata mendera lara
Petik sendu melodi hati
Arahkan kata menuju rasa
Detik merindu membuai lagi
Seakan tiba masa merana
Urai gemulai dedaun serai
Lunglai seakan menjadi layu
Landaian hati berat bercerai
Berderai kalbu di hanyut bayu
Kilau permata di dalam batu
Menembus cemara di tepian
Kalau lara hati bertaut satu
Madah sebatang bersedingan
Cerah mentari membawa hangat
Solah irama memicu bindu
Jalan sembari membawa berkat
Merana tanti digulung rindu
Semilir bayu menekan laju
Pecah dihempang pohon meranti
Ke hilir mata hati ke hulu
Kapan kan duka tidak menjadi
Lambai-melambai kelana madah
Uraian kata datang menderu
Kalau tiada langkah searah
Manakan sampai tempat dituju
Oleh: ismailmnaim | 18 Februari 2009

Gitar Tunggal

Gitar Tunggal
Istilah Gitar Tunggal mungkin tidak banyak dikenal oleh orang-orang yang hobby memainkan gitar meskipun sebenarnya seseorang yang baru belajar gitar biasanya selalu memainkannya dengan sendirian saja begitu pula seseorang yang akan mengaransemen sebuah lagu tidak jarang dimulai dengan satu gitar saja, begitu pula pemain gitar klasik juga sering tampil dengan mempergunakan satu gitar yang disebut dengan solo guitar. Akan tetapi mereka tidak menyebutnya dengan gitar tunggal secara khusu karena biasanya setelah lagu tersebut jadi dan mereka akan tampil, musik yang mereka mainkan itu akan berkolaborasi dengan alat musik lainnya. Berbeda halnya dengan istilah Gitar Tunggal di sini ialah bentuk format jadinya atau hasil finalnya memang hanya mempergunakan hanya satu gitar saja dan dimainkan oleh satu orang saja. Namun begitu cukup lumayan dan enak untuk didengar.   Saya adalah salah seorang yang menyenangi musik tradisionil ini. Musik tradisional  khas suku Semende (maksud disini adalah suku-suku serumpun anak bukit barisan (istilah penulis) atau sering diistilahkan dengan Lagu Batang Hari Sembilan ini terdiri dari beberapa suku antara lain  : Besemah, Lahat, Ogan, Pagar Alam, Lintang dan daerah yang memiliki kemiripan bahasa degan dealek “e” contoh kata = tebu), kenapa menyebut Semende kebetulan saja penulis adalah seorng Semende.
Saya mulai mengenal Gitar Tunggal pada tahun 1974 sejak saya usia  12 tahun pertamakali belajar dengan ayah saya, dan hanya belajar satu tebah maksudnya satu jenis lagu, lalu setelah itu vakum kemudian pada tahun 1978 saya bertemu dengan seorang guru,  yang saya memanggilnya Kak M Adenan dan saya mulai lagi belajar gitar tunggal dan mendapatkan sekitar 6 bentuk petikan atau tebah, setelah itu vakum lagi, pada tahun 1987, saya belajar dengan Mang Benuri Sahad sorang pemain gitar tunggal yang padai sekali dari beliau saya mendapat tambahan lagu sebanyak 20 lagu, dilanjutkan dengan adiknya yaitu Bik Waya yang pernah tenar pada eranya untuk orang-orang negeri Batang Hari Sembilan, darinya saya mendapat satu jenis petikan dan sembari memperdalam 20 lagu di atas. Lalu pada tahun 2004 saya belajar dengan Kak Zainuddin (alm.) dari beliau saya dapatkan lagu-lagu dari berbagai daerah khususnya lagu dari Lematang Ulu, akan tetapi yang sangat disayangkan pertemuan kami hanya sebentar hanya beberapa tahun saja beliau sudah dipanggil menghadap-Nya.  Setelah beliau tiada saya masih berlatih dengan seadanya dengan harapan dapat mewarisi walau hanya beberapa persen kemampuan beliau.
Sebenarnya berbicara tentang Gitar Tunggal tidak lepas kaitannya dengan pembicaraan mengenai Sastra dan budaya daerah tersebut antara lain yang paling berhubungan adalah Sastra Lisan. Sastra lisan suku-suku tersebut antara lain : Guritan, Anda-andai, memuning, dan rejung (rejunk). Untuk tiga jenis sastra  yang pertama, guritan, andai-andai dan memuning, biasanya tidak memakai media alat musik. Akan tetapi untuk jenis rejung dapat dilakukan tanpa alat musik atau mempergunakan alat musik.  Alat musik yang dapat dipergunakan antara lain adalah Ramanika (Accordion), Piul (Violin),  Gambus, ataupun Gitar Tunggal. Sementara alat musik yang lain seperti Suling (seruling), Seredam , dan Ginggung tidak dapat dipergunakan untuk megiringi tembang atau rejung dikarenakan ketiga alam musik tersebut adalah alat musik (sejenis alat musik tiup). Dari sekian alat musik yang dapat mengiringi tembang hanya guitarlah yang paling menonjol dikarenakan berkemungkinan dalam  mempelajarinya tidak terlalu sulit bila dibandingkan dengan alat-alat  yang lainnya.  Gitar tunggal merupakan alat musik yang terbilang baru dipergunakan oleh suku Semende dan tidak seberapa banyak lagu yang dapat dimainkan dengan alat musik ini beberapa lagu itu antara lain : Lagu Ude Nak Ude, Lagu Ujan Angin, Tebah Ndung Ci’an dan beberapa lagu lagi, akan tetapi tidak banyak, berbeda halnya dengan lagu-lagu dari daerah Lematang yang dipopulerkan oleh Kak Zainuddin sejak tahun enam puluh-an seperti : lagu Ribu-Ribu, lagu Antan Delapan, Lagu Merantau Jauh, Lagu Segindang-Gindang, lagu Erai-Erai, dan lagu-lagu lainnya yang bibawakannya dengan amat sempurna. Begitu pula Lagu daerah Kikim seperti Lagu Cik Minah dikemasnya menjadi lagu Mas Mirah. Penulis berpendapat  hampir seluruh lagu yang pernah dimainkannya dapat dikatakan  mendekati sempurna ia benar-benar seorang maestro untuk bidang ini kalau tidak dapat dikatakan melegenda. Begitu pula lagu gitar tunggal dari daerah lainnya, seperti :  Untuk daerah Kikim dikenal pegitartunggalnya antara lain Syafrin, Untuk daerah Ogan Sahilin, Denali, Malili, daerah Musi Rawas, dikenal nama Rusli Effendi, untuk daerah Lintang IV Lawang dikenal Han Sofian, dan M Rozi, daerah Pagar Alam dikenal nama seperti Isran AR, dari Besemah dikenal nama seperti Waya, begitu pula halnya dengan daerah-daerah lainnya, masing-masing mereka yang tersebut di atas memiliki album lebih dari sepuluh album banyaknya yang diprakarsai oleh Palapa Record yang dimulai sejak awal tahun 70-an sampai dengan penghujung tahun 80-an.  Sementara itu untuk daerah Semende sendiri tidak begitu dikenal pegitartunggalnya kalau boleh dibilang hanya beberapa orang diantaranya ialah Effendi dan Junaidi Daulay, yang dalam rekamannya biasanya sudah memuat juga cara-cara petikan dari Lematang atau daerah lainnya.

Tembang
Tembang dimaksud di sini adalah sya’ir yang didendangkan oleh penyanyi yang disebut dengan penembang. Biasanya tembang tersebut tidak sebagaimana yang dilantunkan oleh penyanyi-penyanyi dunia yang memiliki alur sebuah cerita, melainkan ia merupakan beberapa buah pantun untuk sebuah lagunya biasanya berkisar antara 6 s/d 20 pantun pertebahnya (perlagu) dengan durasi sekitar 15 sampai dengan 30 menit untuk satu tebahnya. Sebagaimana pantun pada umumnya yaitu terdiri dari empat baris bersajak ab ab, dua baris pertama sebagai sampiran dan dua baris berikutnya adalah isi dari pantun tersebut.
Contoh Pantun
Berantak bunge di papan
(bertaburan bunga di atas papan)
Tekembang payung di keresi
(Payung mengembang di atas kursi)
Bulan ndak nyantak disingkup aban
(Bulan hendak bersinar ditutupi awan)
Bunge ndak kembang ranting mati
(Bunga hendak mekar rantingnya mati)

Steeman Gitar
Karena permainan Gitar Tunggal umumnya tidak bersama-sama dengan  alat musik lainnya maka dalam steemannya didapati beberapa jenis steeman sepengetahuan penulis diapati sebanyak lebih dari enam jenis steeman guitar. Maka tidaklah heran bila ada yang berkomentar pemain Gitar Tunggal itu memainkan gitar yang salah steeman, tentu saja bila ia melihatnya dari sudut steeman musik pada umumnya. Jenis steeman ini tiada lain gunanya agar supaya sebuah tebah (lagu) itu dapat dimainkan dengan mudah. Biasanya satu steeman dapat dibawakan beberapa tebah, lalu untuk tebah yang lainnya mempergunakan steeman yang lain pula.
Itulah sekelumit kisah tentang Gitar Tunggal, dan beberapa hal yang berkaitan dengannya, namun sekarang sayangnya lagu-lagu tersebut semakin hari semakin ditinggalkan oleh generasi penerus suku semende dan suku lainnya dan mulai tergeser oleh lagu-lagu dan budaya yang lain sehingga tidak banyak lagi yang meminatinya apalagi menguasainya, berkemungkinan besar nantinya akan hilang sama sekali, dan tidak akan dikenal lagi oleh beberapa generasi yang akan datang.

2 komentar:

  1. Thanh you very much for your poetry, it's beautiful, and I egree with your idea about gitar tungggal at uludanau must be develove again so it's never lost.

    BalasHapus
  2. Sate nginak ye coment lah bebase inggris pule, cukah mamak amu base smende alangkah pejabnye😢😢😢😢

    BalasHapus