Selasa, 14 Desember 2010

Tunggu Tubang

TUNGGU TUBANG adelah badah balek. badah rugug kampuh ataupun karang kampuh betunggal. jadi tunggu tubang itu adelah suatu gelar keturunan adat semende yang di turunkah untuk anak tue betine. apepun alasannye, sanggup de'sanggup harus sanggup karene tunggu tubang itu bukan nunggui rete tapi badah balek. tapi jeme semende ma'ini lah banyak salah kaprah bahwe tunggu tubang itu nunggui rete jeme tue. berete ataupun de'de yang namenye anak tue betie itu nemanye tunggu tubang.
Dari jaman dulu sampai ma' ini akhi, tunggu tubang itu rate-rate di tinggali rete (bagi yang berade).
Contoh : humah, kebun, sawah, tapi dengan catatan kalu ade. nah walaupun di dalam keluarge itu de'berete tapi yang namenye anak tue betine tetap tunggu tubang namenye.
Warisan untuk tunggu tubang harus Behumah besak beberande panjang, besawah sebatang akhi, bekebun libae.
Tuape retinye :
Behumah besak beberande panjang
, berarti siap menampung sanak saudare, rugug kampuh yang datang ke humah itu.
Besawah sebatang akhi, Artinye siap menanggung makan jeme sanak saudare, rugug kampuh yang datang ke humah itu.
Bekebun libae, untuk perekonomiannye dalam artian galak payah dan selalu mencari.
Bagi keluarge yang mampu (berete), ade harte warisan nde' tunggu tubang, luk Humah, kebun, sawah, dan seisinye.
Tapi harus ingat..!!! itu harte warisan bukan harte yang diwariskan, karene di dalam adat semende ada due macam  warisan, ade harte warisan dan ade harte yang diwariskan.
Harte warisan adelah harte yang di titipkah untuk dijalankah atau dipakai tapi bukan untuk di jual, atau tidak boleh dijual. .........................(hak pakai)
Harta yang diwariskan adelah harte yang di enjukkah untuk bekal hidupnye tapi boleh dijual oleh penerimenye karne lah ........................menjadi hak milik. jadi mutlak untuk penerimenye.
Hambatan tunggu tubang itu biasenye walaupun mbuat kupi gulenye lah abis sekilu dalam satu gelas masih belum tehase manis. karene biase jenang jurai ndik ngucaknye.
Jadi siape saje yang njadi tunggu tubang hidupnye akan di berikemudahan oleh Allah SWT, dan semangai di kemudian hari ame die menjalankah amanah itu dengan iklas dan lapang dade. intinye tunggu tubang haruslah banyak bersabar.

3 komentar:

  1. Makasih artikelnya sangat bagus sekali..
    apakah itu wajib dilaksanakan?
    apa yang terjadi jika adat itu tidak dilaksanakan?

    Aku merupakan keturunan semendo, tapi lahir di rantau, kbetulan kata orang tua aku adalah Tunggu Tubang. Aku bingung... Udah banyak artikel yang aku baja tentang Tunggu Tubang ini. tapi kenapa aku selalu menolak untuk menjalaninya. Insya Allah sbntar lg aku akan mnikah. tapi aku masih bngung dengan keadaan skarang. apa lg dlm hkum islam adat kita ini yg katanya sangat brtentangan.

    BalasHapus
  2. Adat tunggu tubang itu intisarinya adalah anak wanita tertua menjadi tempat berpulang / badah balek untuk keluarga yang lain. Wajib dilaksanakan dalam hal mengayomi adik-adik dan kakak-kakak nya..
    Tujuan adat ini, Bukan berarti harus menunggu rumah orang tua tapi menjadi pengayom bagi yang lain..
    Semoga membantu.. salam :)

    BalasHapus
  3. Asal Kate tunggu tubang itu darimana??

    BalasHapus